Selasa, 02 April 2013

Canggung

 Hari ini saya mengajar di kelas XI IPA 1. Mengajarkan sebuah bacaan tentang aktifitas sehari-hari. sebelum saya mempersilahkan seluruh siswa membaca secara bergiliran, maka saya meminta siswa untuk mengambil nomor urut dan berpindah tempat duduk secara acak. Saya pun memberikan instruksi penilaian atas preentase yang mereka lakukan. bahwa setiap siswa menilai temannya sendiri yang membaca.

Satu persatu siswa pun membaca, dan siswa yang akan membaca yang memberi nilai kepada temannya, ada yang lancar, kurang lancar dan masih mau dipelancar.  Kadang ada siswa yang protes dengan nilai yang diberikan oleh temannya karena menganggapnya tidak sesuai.

Tapi ada yang lebih aneh lagi, ketika tiba giliran seorang siswi yang akan membaca, dengan agak kikuk dan sedikit gemetaran, dia memulai membaca. Tapi baru beberapa kata yang dia baca, tubuhnya sudah lunglai dan terduduk kembali di kursinya (untung tidak ambruk ke lantai). Teman-temannya pun merasa heran, dan mengerumuninya. Alih-alih memberikan pertolongan, malah temannya menertawakannya, karena mereka heran, mengapa baru kali ini, ada siswa yang disuruh membaca malah pingsan. tapi tidak lma kemudian, siswi tersebut juga ikut tertawa dengan teman-temanya, walau masih sedikit kikuk. Tapi syukurlah dia masih bisa melanjutkan PBM dan berhasil membaca juga.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar